Sabtu, 26 November 2011

Jenis Komunikasi

Jenis-Jenis Komunikasi

Setelah memilih media yang sesuai,  selanjutnya menggunakan media tersebut dalam berkomunikasi. Adapun jenis-jenis komunikasi, dapat dikelompokan menjadi 2 jenis, yakni 

1. Komunikasi secara perorangan.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan komunikasi secara perseorangan atau secara individual dengan orang lain.  Komunikasi demikian ini sering disebut komunikasi tatap muka langsung, disebut juga kontak pribadi, sehingga disebut komunikasi antar pribadi (interpersonal communication). Kelebihan dari komunikasi ini, antara lain komunikasi langsung sampai dan dimengerti, karena bila tidak dimengerti dapat langsung ditanyakan, karena pemberi pesan/berita ada dihadapan Anda. 



2. Komunikasi secara berkelompok
Komunikasi antara seseorang dengan sekelompok orang yang jumlahnya relatif banyak. Kelebihan dari    komunikasi ini, antara lain berita/pesan yang disampaikan diberikan sekali untuk beberapa orang, sehingga penyampaian berita/pesan tidak memakan waktu panjang/banyak.     


Fungsi Komunikasi
Setelah Anda mengetahui pengertian komunikasi,  mengetahui macam-macam media komunikasi dan jenis-jenis komunikasi, selanjutnya Anda perlu mengetahui fungsi komunikasi dalam kegiatan sehari-hari,  antara lain :
  1. Mengungkapkan buah pikiran seseorang, misalnya : pendapat, argumentasi.
  2. Membangkitkan minat mendengar dan membaca, misalnya : seorang guru memberi tugas kepada siswanya, maka siswa mencari dan mengerjakan tugas tersebut.
  3. Alat hubungan kemanusiaan (human relation) yang baik, misalnya : dengan komunikasi orang dapat menceritakan keinginannya atau kebutuhannya.
  4. Mempelajari sifat-sifat manusia, misalnya : dengan berkomunikasi Anda dapat mengetahui budaya, adat istiadat, bahasa maupun agama.
  5. Memperlancar kerja sama antar manusia dan lingkungannya, misalnya: dengan komunikasi Anda dapat saling tolong menolong dan sebagainya.
  6. Mempermudah memahami berita atau informasi, misalnya : dengan komunikasi orang mudah mengerti dan mau menerima segala persoalan yang sedang dihadapi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar